Kamis, 15 November 2007

DARI QATAR SAMPAI TURKI

Alhamdulillah, perasaan senang saya haturkan kepada para pembaca sekalian. Adalah suatu kesenangan tersendiri bagi seorang penulis, jika tulisannya dibaca. Latar belakang saya menulis, adalah sharing. Saya percaya semakin banyak yang kita beri (apapun itu, termasuk Ilmu), maka Allah akan menggantikan apa yang kita berikan itu dengan sesuatu yang lebih baik.

Setelah membuat blog ini dan rutin menulis tiap minggu (paling tidak) satu tulisan, saya mulai dihinggapi rasa jenuh. Apa ada ya orang yang membaca? Apa saya capek-capek nulis, sharing pengalaman saya belajar bahasa Arab, apa worth it gitu?

Saya yakin, banyak orang seperti saya. Ingin belajar bahasa Arab, agar mengerti apa yang dibaca ketika sholat, atau ketika baca Al-Quran. Semangat untuk bisa itu membuat saya terus ingin belajar. Tapi, dasar gak punya landasan waktu kecil (hehe ketahuan waktu kecil gak ikut madrasah), maka belajar dikala sudah dewasa terasa sangat sukar. Hanya semangat yang besar, dan keyakinan bahwa Allah SWT akan memudahkan, dan akan mengganti jerih payah ini dengan pahala, yang membuat saya tetap ingin menulis.

Setelah hampir 1 tahun berlalu dan sudah memasuki topik 50 an lebih, timbul keinginan saya untuk tahu, siapakah yang membaca, dari negara mana saja, berapa lama waktu yang dilewati membaca tulisan di blog ini. Alhamdulillah saya bertemu sensor untuk mengetahui itu. Sensor tersebut saya pasang kemaren. Dalam 1 hari lebih ini, telah ada pengunjung sebanyak 147 orang, dengan jumlah hit 361. Rata-rata satu orang menghabiskan 4 menit dalam sekali kunjungan.

Pengunjung tersebar dari beberapa negara. Pengunjung dari Indonesia paling banyak sebesar 46%, diikuti pengunjung dari Malaysia 16%, Amerika 14%, Norwegia 10%, dan Jepang 4%.

Kalau yang dari Malaysia, beberapanya mengirimkan email pribadi ke saya. Sedangkan kalau dari pengunjung dari Negara Lain, spt Jepang, Norwegia, Amerika, saya menduga ini adalah pelajar Indonesia, atau orang Indonesia yang bekerja di negara tersebut.



Sebenarnya sensor tersebug menghasilkan report yang lebih banyak lagi. Seperti tulisan mana yang paling sering dibaca. Bagaimana orang sampai ke blog ini (apakah di-refer oleh Yahoo, Google, atau Website lain) dsb. Alhamdulillah, saya bersyukur menemukan sensor ini.

Demikian sekilas profile dari pembaca blog ini, dari pengamatan selama satu dua hari ini, dan kita akan lanjutkan minggu depan Insya Allah, dengan pembahasan Ayat 2 surat Al-'Ashr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar